Tips Membuat Ketupat Lebaran

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dengan Daun Kelapa Muda (Janur) - Pada saat ini pengrajin ketupat semakin sedikit ditemui. Padahal Ketupat adalah salah satu warisan leluhur yang harus tetap kita lestarikan. Ketupat adalah masakan khas masyarakat jawa yang berupa nasi dibungkus demngan rajutan daun kelapa (janur). Setiap lebaran masakan ini selalu dihidangkan dengan dipadukan masakan opor ayam special. Untuk membuat rajutan ketupat tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Diperlukan kesabaran dan keuletan agar tercipta ketupat yang baik. Cara untuk membuat ketupat adalah sebagai berikut.
  1. Sediakan adalah daun kelapa muda atau janur yang masih segar dan utuh.
  2. Langkah pertama, gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
  3. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
  4. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.
  5. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
  6. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti mengayam.
  7. Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
  8. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.